Acupressure Untuk Gangguan Perut

Halo Sahabat,

Kalau kita sering merasakan sakit di bagian tertentu, lama-lama kita pasti terganggu atau bahkan khawatir. Tapi seringnya kita juga enggan untuk periksa ke dokter karena rasa sakit itu datang dan pergi. Kita hanya pergi ke dokter ketika rasa sakit itu berlangsung lama dan tidak tertahankan, misalnya demam selama beberapa hari atau rasa perih di perut semalam suntuk! Sebelum rasa sakit jadi tidak tertahankan, seharusnya sahabat bisa melakukan tindakan-tindakan yang tidak perlu bantuan tenaga medis, untuk meringankan dan bahkan menyembuhkan sakit yang mengganggu. Pijat adalah hal yang sangat dikenal di Indonesia, dan perlu kamu tahu, setiap negara, terutama Asia dan Amerika Latin, punya cara penyembuhan tradisional seperti teknik pijat.

Mengapa pijat dapat menyembuhkan? Kalau dari pandangan kebijaksanaan Cina kuno seperti aliran Tao, tubuh mengalami ketidakseimbangan hanya karena dua hal: kekurangan Chi atau kelebihan Chi. Chi adalah sumber energi, yang sifatnya panas, dan ia bukanlah organ, tidak bisa dilihat atau dipegang, tapi bisa dirasakan. Chi ini bisa stagnan di salah satu bagian tubuh, sehingga bagian tubuh lainnya tidak mendapat cukup Chi, dan menyebabkan sakit. Bagian tubuh yang mendapat terlalu banyak Chi juga jadi sakit. Idealnya Chi ini mengalir lancar ke seluruh organ tubuh, namun badan kita sering terisi sumbatan-sumbatan seperti makanan yang gagal diuraikan, udara basi (stale air), lemak, dan kristal (dari minyak) yang mengganggu peredaran Chi. Untuk alasan ini, pijat bisa efektif melancarkan jalan Chi jika si pemijat tahu titik-titik mana yang menjadi pintu untuk Chi.

Salah satu dari teknik pijat tersebut adalah acupressure. Titik-titik acupressure terletak di seluruh tubuh, paling banyak di telapak tangan, telapak kaki, dan perut.

  1. Titik Pijat di Kaki

Di bawah ibu jari kaki, ada bagian yang keras, di bawah bagian yang keras itu terasa lunak dan seperti “berlubang”. Area itu dapat kamu pijat (Harus agak keras sampai terasa titiknya) untuk menghambat pembetukan gas berlebih di perut. Tentu kalau kamu memijatnya hanya sebentar, tidak akan membantu sama sekali. Pijat titik ini minimal 5 menit, walau terasa sakit. Jika terasa sakit, berarti perutmu memang bermasalah, bisa jadi kelebihan gas. Titik ini bisa dipijat dengan atau tanpa minyak. Memijatnya bukan dengan diurut, tapi cukup ditekan dan tahan beberapa detik, lalu ulangi.

SUMBER GAMBAR: ravi-acupressure.blogspot.com

2. Titik Pijat di Atas Mata Kaki

Kira-kira 4 sampai 5 jari di atas mata kaki di bagian dalam, kalau kamu tekan kamu juga akan merasakan “cekungan” atau “lubang”. Jika dipijat selama 5 menit atau lebih, pijatan itu bisa meredakan mual, dan rasa tidak nyaman di perut bagian atas. SUMBER GAMBAR: alternativefelix.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s