Perut Nyaman, Hati Tenang

Halo Sahabat Herbal!

Perut kembung, mulas-mulas tanpa alasan adalah hal yang umum, biasa, dan tidak pernah mendapat perhatian lebih dari kebanyakan orang yang mengalaminya. Tapi kalau gejala-gejala di perut terjadi setiap hari, semakin sering dan semakin sering, apakah tetap mau tidak peduli?

Selain cuek dan menganggap “hanya masuk angin”, ada juga yang sangat peduli, dan memutuskan lambung mereka bermasalah. Padahal, perut adalah alarm. Iya, akhirnya kamu membaca hal ini, pandangan ini. Kenapa perut letaknya di tengah, seperti poros, dan ia adalah sumber kekuatan, sumber kendali? Karena di dalam perut lah organ-organ vital berada: liver, pankreas, lambung, usus, limpa, ginjal. Tabib-tabib Tao bahkan memeriksa kesehatan seseorang dari bentuk pusarnya. Kembali ke topik utama, perut adalah alarm. Sebelum sakit demam, biasanya kamu merasa perutmu tidak nyaman. Sebelum sakit apapun, pasti perut dulu yang memberi sinyal; entah dengan membengkak, terus-terusan merasa lapar, rasa tertekan, diare, bunyi-bunyi gas, dsb. Kalau kamu mengalami gejala-gejala ini, masalahnya belum tentu di lambung (maag) atau usus (irritable bowel syndrome, kolik, dsb) tapi bisa pada hal lain. Menelan obat penahan rasa sakit hanya menghentikan gejala itu sementara, dan tidak menyembuhkan akar penyakitnya.

happygoherbal1

Memang betul bahwa kamu tidak bisa mengetahui persis letak masalahnya karena anatomi organ begitu kompleks, namun beberapa hal ini bisa membuat gejala-gejala perutmu berkurang dan kamu menjadi lebih sehat:

1. Cukup air putih.

Sadarkah kamu, bahwa kebanyakan orang, terutama di negara tropis seperti Indonesia, lebih suka minum minum-minuman berwarna dengan bermacam-macam rasa daripada air putih? Minuman-minuman ini tidak bisa mencukupi kebutuhan air tubuh. Bukan hanya tidak bisa dihitung sebagai pengganti air putih, tapi minuman-minuman ini sebenarnya membuat organ dalam bekerja lebih keras. Jadi, minumlah minimal 8 gelas air putih dalam sehari. Jika perlu, puasa dari minuman lain selama beberapa hari dan rasakan perbedaannya.

2. Kunyah perlahan

Sadarkah kamu, bahwa banyak masalah pencernaan hanya karena makanan yang tidak dikunyah dengan baik? Kunyahlah makanan sampai lembut di dalam mulutmu, jangan telan saat berbentuk masih padat, masih seperti bentuk makanannya. Ini membuat kerja usus sangat keras dan jika berlangsung lama, akan banyak makanan yang tidak terurai dengan baik (akibat: kembung, konstipasi) dan kerusakan-kerusakan sistem pencernaan yang tidak perlu (yang sebenarnya dapat dihindari).

3. Bernafas dengan diafragma

Dalam keseharian kita saat kita tidak tidur, kita cenderung bernafas dengan dada, kita mengisi oksigen hanya sampai paru-paru dan hanya sedikit yang sampai ke organ lainnya. Itulah mengapa orang sakit disarankan untuk banyak tidur, bukan tidurnya itu sendiri yang menyembuhkan, tapi saat kita berbaring kita cenderung bernafas dengan diafragma. Bernafas dengan diafragma juga bisa kita lakukan saat tidak tidur, kita hanya perlu menyadarinya. Coba tarik nafas hingga perut terisi penuh, kemudian hembuskan perlahan. Nah, itu adalah cara bernafas yang me-revitalisasi seluruh tubuh. Mudah, bukan?

 Kritik dan saran untuk artikel ini? Silahkan isi kolom komentar🙂

Ingin konsultasi masalah kesehatan lambung dan pencernaan? Silahkan email ke: lambungsehatbadankuat@gmail.com

Salam,

Happygoherbal

One thought on “Perut Nyaman, Hati Tenang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s