Perut Sesak Setelah Makan

Halo Sahabat Herbal,

Menjawab pertanyaan yang sering diajukan mengenai rasa kembung dan sesak setelah makan, kami mencari tahu jawabannya dan mungkin artikel ini bisa memberi pencerahan tentang apa yang terjadi dengan perutmu yang sepertinya susah menerima makanan.

Kembung, pada umumnya adalah indikasi dari masalah kesehatan dan ketidakseimbangan yang, kalau nggak ditangani, bisa menjadi lebih parah atau menahun. Kalau perutmu kembung, kamu mendapat tanda peringatan dari tubuhmu bahwa ada yang perlu diperbaiki, mungkin gaya hidupmu, menu makanan, dsb.

Kembung berhubungan erat dengan ketidakseimbangan yang terjadi di sistem cerna. Kalau ada yang mengeluh kembung, rasa tertekan, dan angin yang berputar-putar dalam perut, kami menganggap mungkin ada beberapa faktor dalam sistem pencernaannya yang tidak seimbang.

Beberapa faktor itu bisa berupa:

  • Asam Lambung Rendah
  • Stres
  • Pergerakan Usus Lambat
  • Kurang Enzim Cerna

Asam Lambung Rendah

Bukan hanya asam lambung tinggi yang bisa bikin masalah, tapi asam lambung yang terlalu rendah juga membuat penyerapan makanan terganggu. Gejala asam lambung rendah adalah bersendawa ketika makan, dan rasa kembung atau begah setelah makan, walaupun makan sangat sedikit. Asam lambung penting karena di situlah protein dicerna, dan asam lambung menstimulasi enzim cerna lainnya untuk berfungsi. Dengan asam lambung yang rendah, perutmu bisa kesulitan mengurai makanan seperti telur, ikan, dan daging. Akibatnya, hanya sedikit molekul protein yang dapat dicerna dan terlalu banyak yang terbuang percuma. Usus besar, tempat pembuangan, jadi banjir sampah dan mengakibatkan pembengkakan dan rasa kembung.

 FROG

Nah, bisa bayangkan kalau selama ini kamu menenggak obat maag karena perutmu sering kembung? Agen utama obat maag adalah antacid atau pereda asam lambung. Kalau ternyata kembung perutmu selama ini adalah karena asam lambung rendah, tentu rasa mudah kembung mu jadi semakin menjadi-jadi.

Bagaimana mengatasi asam lambung rendah? Minumlah probiotik. Tapi ingat, pilihlah probiotik yang berkualitas tinggi. Saat ini kami belum bisa merekomendasikan merk produk, cobalah sendiri, baca komposisinya, dan pilihlah yang paling alami (tidak terlalu banyak pewarna, perasa, dan pengawet). Selain itu, makanlah buah-buahan yang bisa meningkatkan kadar asam dalam perut seperti jeruk navel, anggur, dan strawberry. Perbanyak minum air putih. Air minum alami lebih baik daripada air ber-merk karena kemungkinan sudah diberi flouride yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Ciri-ciri kamu menderita asam lambung rendah:

  • bersendawa langsung setelah makan atau beberapa saat kemudian dan aroma nya busuk.
  • buang-buang angin 1-2 jam setelah makan
  • kembung yang bertahan selama beberapa jam, setiap habis makan
  • rasa berat dan penuh di perut seolah makanan diam di sana tidak terurai

Untuk konsultasi via email, silahkan kirimkan ke:

lambungsehatbadankuat@gmail.com

Salam Sehat Tanpa Obat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s