Kembung dan Sesak Lagi?

Apakah hampir setiap hari kamu mengalami perut membesar, terasa penuh padahal tidak makan banyak, terkadang susah bernafas dan semua rasa nggak nyaman berpusat di perutmu yang kembung dan berat? Biasanya gejala seperti ini muncul ketika bangun tidur, ketika sore menjelang malam, dan ketika pikiran sedang stress. Apakah ini wajar? Tidak, tentu gejala seperti itu adalah pertanda masalah. Orang yang sehat bangun tidur dengan perut rata atau rileks karena pembakaran terjadi saat tidur, perut tidak kembung setiap hari, dan tubuhnya tidak terasa berat.

Kalau perutmu kembung hampir setiap hari, tanyakan pada dirimu, apakah makanan dan minumanmu mengandung banyak gula, susu, dan minyak?

Gula baik untuk tubuh. Gula memberi energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Sayangnya, tidak semua gula yang kamu konsumsi adalah gula asli dari tebu. Nah, gula-gula buatan seperti aspartam, saccharine, fenilalanin, dan sebagainya — tidak berkontribusi baik bagi tubuhmu dan hanya menimbulkan plak pada dinding-dinding perut. Menelan obat perda kembung seperti Gazero dan Enzyplex bukan solusi cerdas.

jajanan_pasar

kelihatannya manis, tapi kalau terlalu sering…nggak manis efeknya

 

Obat-obatan itu hanya menekan gejala secara sementara. Gas di perutmu bukan dikurangi, hanya ditahan untuk tidak segera membuat masalah. Jadi, memang diet dalam arti “mengurangi jenis makanan tertentu” adalah kunci utama. Bagaimana dengan goreng-gorengan? Kenapa gorengan juga bikin masalah di perutmu? Sifat minyak adalah memicu panas. Setiap organ di tubuh kita punya suhu alami masing-masing. Kebetulan, lambung dan usus besar itu sifatnya panas, seperti api. Nah kalau ketambahan goreng-gorengan lagi, tentu mereka jadi terlalu panas. Keadaan terlalu panas itu memicu asam lambung untuk keluar lebih banyak. Produksi asam lambung berlebih bukan hanya membuat perutmu terasa sesak, tapi juga perih, terutama di daerah ulu hati.

jajanan_pasar

perut membesar dan sakit setiap pulang kantor?

Makan jajan yang manis-manis dan goreng-gorengan boleh saja, tapi cukup sekali dalam sebulan, bukan setiap hari. Selain menyebabkan rasa kembung yang menyiksa, jika diteruskan, kebiasaan nggak sehat ini akan memicu konstipasi atau susah buang air besar lho.

Bagaimana penanganan yang efektif selain minum obat ketika perutmu kembung dan menyesakkan?

1. Duduk rileks. Hindari bermain gadget untuk mengalihkan rasa sakit.

2. Tarik nafas dalam, hembuskan perlahan. Belajarlah untuk bernafas lebih dalam, dan menghembuskan nafas lebih panjang. Ketika kamu melakukan hal ini, gas di dalam perut akan terstimulasi untuk bergerak dan mencari jalan keluar

3. Tekan perutmu di bagian bawah ulu hati dengan ibu jari, dan pijatlah dengan gerakan memutar. Kalau kamu punya masalah dengan asam lambung, biasanya gas berkumpul paling banyak di situ. Hal ini membantu memecahkan gelembung-gelembung gas dan mencegahnya naik ke paru, jantung, dan kepala.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s