Food Journal

Perutmu rata dan terlihat biasa saja sewajarnya, tapi semenit kemudian, perutmu membesar bahkan sampai celana terasa sesak. Kamu sendawa berkali-kali dan merasa seperti banyak gelembung udara di dalam perut. Sering merasa demikian? Perut kembung pasti pernah dialami siapapun, tapi jika perut kembung datang setiap hari atau lebih buruk lagi, setiap beberapa saat dalam sehari, kamu jelas punya masalah yang harus dibenahi.

Image

Pertama, perhatikanlah makanan apa yang memicu rasa nggak nyaman ini di perutmu. Misalnya, jika setiap selesai makan gorengan gejala ini muncul, berarti gorenga akan selalu memicu reaksi ini pada perutmu. Singkatnya, bikin catatan makanan atau food journal. Kamu akan menemukan bahwa beberapa makanan membuat rasa kembung itu muncul sementara beberapa yang lain justru membuatmu merasa lebih berenergi, tenang, nyaman.

Perut kembung yang sering datang bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Kamu jadi sering merasa lelah dan nggak mood untuk berbuat apa-apa. Kalau kamu mengalami hal ini, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menulis jurnal makanan. Seiring dengan itu, sebaiknya:

1. Masukkan menu buah dalam satu hari, dan jangan makan buah setelah makan berat.

2. Perlu diperhatikan, buah dan sayur tertentu menimbulkan rasa mulas, tapi ini baik — bukan mulas yang menjadi diare, tapi sebagai pencahar alami — misalnya pisang, air putih dengan irisan lemon, dan pepaya.

Contoh food journal bisa kamu save dari gambar ini:

Image

Selamat memulai!

Salam sehat tanpa obat dari sehatgembira

twitter: @enzimplus

konsultasi email: lambungsehatbadankuat@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s