Kembung Setelah Makan

Apakah perutmu terasa penuh dan tidak nyaman beberapa saat setelah makan? Habis makan seharusnya kamu merasa kenyang dan “terpenuhi”, bukan perut penuh yang membuat badanmu terasa berat. Apa yang menyebabkan perut kembung setelah makan? Bisa bermacam-macam. Jika hal ini baru sekali kamu alami, atau jarang-jarang, bisa jadi makananmu yang membuat perutmu kembung. Tapi kalau hampir setiap selesai makan kamu mengalami gejala perut kembung seperti rasa penuh, sesak, sendawa berkali-kali, berarti ada yang salah dengan pencernaanmu.

Mungkin kamu kekurangan enzim yang berfungsi untuk mengurai zat tertentu. Enzim Amylase yang diproduksi di air liur kita berfungsi untuk mengurai karbohidrat menjadi zat gula sederhana yang mudah dicerna, enzim protease untuk mengurai protein, dan masih banyak lagi. Kurang lebih ada 12 enzim yang berperan untuk pencernaanmu. Carilah makanan-makanan yang mengandung enzim atau yang bisa meningkatkan produksi enzim pencernaan untuk mengatasi masalah perut kembung setelah makan.

Selain kekurangan enzim tertentu, mungkin jumlah bakteri jahat tidak seimbang dengan jumlah bakteri baik di dalam ususmu. Dengan kata lain, flora usus tidak seimbang. Jika bakteri jahat lebih banyak jumlahnya, perutmu akan penuh dengan gas, disertai mulas. Cara mengatasinya adalah minum probiotik agar jumlah bakteri baik dalam usus bertambah.

Bakteri helicobacter. Bakteri ini adalah penyebab sakit maag. Jika infeksi yang disebabkan helicobacter belum parah, kamu tidak terkena sakit maag, hanya merasa sangat kembung. Cara mengatasinya adalah minum air hangat diaduk dengan madu, dan sering-sering mengunyah bawang putih untuk membunuh bakteri ini.

Jika perutmu kembung setelah makan, perhatikanlah bagian perut yang paling membesar. Jika di bagian perut atas, bisa saja itu adalah gejala maag yang biasanya disertai rasa mual, atau infeksi bakteri helicobacter. Jika perut bawah, berarti makananmu tidak diurai dengan baik. Makanan itu masih tersisa dan membusuk (fermentasi) sehingga menyebabkan rasa kembung.

Untuk meredakan rasa kembung, usahakan untuk mengeluarkan gas dari bawah (kentut). Berbaringlah miring, ke arah kanan. Hal ini memperlancar jalan gas ke rektum. Bisa juga dibantu dengan memijat perut sambil berbaring miring. Selamat mencoba!

Konsultasi masalah lambung dan pencernaan: kirim email ke lambungsehatbadankuat@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s