Memilih Makanan Gaul

Semangat Sehat Tanpa Obat!

Halo, sahabat herbal, sudahkah kamu membuat perubahan pada menu makananmu atau kamu masih memakan apa saja yang tersaji di depan mata? Food-combining mulai digemari anak muda dan ini hal yang bagus, karena semakin awal kita memulai perbaikan pada tubuh, semakin kuat tubuh kita di kemudian hari.

Dari hari ke hari, keluhan-keluhan masalah lambung dan pencernaan seperti sering kembung, konstipasi, mual, diare, dsb datang dari mereka yang masih tergolong muda. Hal ini tidak mengherankan karena konsumsi sehari-hari kita yang lebih tercemar, atau bahkan PALING tercemar dengan zat-zat aditif, dibandingkan golongan usia tua atau anak kecil.

Image

Image

Image

Gaya hidup kota besar dan anak muda-nya, tidak terlepas dari kebutuhan untuk nongkrong dan makanan cepat saji. Vendor-vendor swalayan yang juga menyediakan ruang untuk nongkrong mulai berdiri di Jakarta pada awal tahun 2010 dan makin digemari, makin menjamur, dan vendor-vendor ini menawarkan lebih banyak lagi menu makanan dinginnya (frozen food). Wajar jika kalangan anak muda menyukai menu mereka. Selain bisa nongkrong dengan teman, harga makanan itu murah dan cukup mengenyangkan.

Namun, yang perlu kamu tahu, makanan-makanan siap saji itu lebih banyak menggunakan zat kimia daripada bahan-bahan alami. Makanan-makanan itu diproduksi secara massal sehingga mereka tidak memakai bumbu dari bawang putih, bawang merah, atau bumbu alami lainnya. Rasa, warna, dan aroma makanan itu semuanya dihasilkan dengan zat buatan; dan tentunya, pengawet.

Makanan yang baik untuk pencernaanmu adalah makanan yang mengandung banyak enzim, karena meringankan kerja perut saat mencerna. Enzim banyak terdapat di makanan-makanan mentah. Semakin sedikit proses yang dialami makanan itu, semakin kaya enzim. Makanan-makanan mentah yang bisa kamu konsumsi untuk membantu pencernaanmu, seperti:

Image

selada. Seperti yang kamu tahu, selada dapat dimakan mentah. Jika ada makanan beku yang ber-selada, tentu saja selada itu juga sudah penuh dengan bahan kimia. Sifat selada adalah basa, sehingga menyeimbangkan kadar asam di dalam perut.

ketimun. Seperti selada, ketimun sering disajikan bersama makanan-makanan berat seperti nasi goreng. Kenapa? Tentu karena sifat basa nya yang sangat dibutuhkan perutmu. Tubuh kita penuh dengan asam karena terlalu banyak makanan yang memproduksi asam yang kita pilih, dan tidak menyeimbangkan dengan makanan-makanan yang memproduksi alkaline atau sifat basa.

buah-buahan. Jangan lupa, buah adalah makanan mentah. Nongkrong dengan teman-teman sambil nge-rujak jauh lebih sehat daripada sambil makan frozen foods yang dihangatkan dengan microwave.

Kamu bisa mulai menyadari sehat/tidaknya makananmu, bukan untuk menjadi health freak, tapi setidaknya tahu penyebab segala macam gangguan pencernaan yang kamu alami, dan tahu bahwa ada pilihan makanan yang sehat dan juga mudah disiapkan, tidak perlu dimasak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s