Pusat Syaraf

:: Semangat Sehat Tanpa Obat ::

Kesehatan berpusat di pikiran, dan perut. Perut disebut “the little brain” karena banyaknya syaraf yang berkumpul di perut.
Banyak yang mengeluh perutnya selalu terasa tidak nyaman dan bermasalah. Bahkan perasaan ini hadir sehari-hari sehingga dianggap normal. Apakah kamu merasa ada tekanan di perutmu? Atau sering terasa begah, berat atau bahkan mual?
Kondisi seperti ini mempengaruhi kualitas hidupmu, tanpa disadari kamu jadi tidak pernah 100% menikmati hari tanpa rasa kembung, mual, dan gangguan-gangguan pencernaan lainnya.

Apa yang harus kamu perhatikan?
1. Kesehatan Usus Besar
Tugas utama usus besar adalah memproses sisa pencernaan terakhir dan membuangnya dalam bentuk padat. Kebiasaan-kebiasaan yang mengganggu kerja usus besar antara lain:
– suka menahan panggilan untuk BAB (menunda BAB)
– kurang minum air putih
– kurang serat dalam makanan yang dikonsumsi
Masalah-masalah yang berkaitan dengan usus besar adalah konstipasi, kembung, diare, dan bahkan kram perut.
Untuk mengatasi dan mencegah gangguan usus besar, sering-seringlah minum air putih, pastikan selalu ada sumber serat dalam konsumsimu hari itu, misalkan buah atau sayur hijau, dan jangan menunda BAB

2. Kesehatan Usus Kecil
Tugas utama usus kecil adalah menyerap nutrisi dari makanan yang kamu masukkan. Nah, kalau makananmu tidak ada nutrisinya gimana? Ya, tidak ada zat-zat esensial yang bisa memperkuat dinding usus 12 jari. Masih mending kalau tidak ada nutrisinya tapi tidak mengganggu kerja pencernaan, tapi biasanya makanan yang tidak bernutrisi itu beracun alias mengandung banyak toksin seperti sorbitol, aspartam, atau potassium chloride (garam buatan).

Masalah-masalah yang berkaitan dengan usus kecil biasanya adalah alergi gluten, infeksi bakteri, radang usus buntu.

Untuk mengatasi dan mencegah gangguan usus kecil, hindari pemanis dan garam buatan. Caranya, minimalkan konsumsi produk-produk yang dijual di pasar (produk-produk kemasan) karena, selain memakai gula dan garam buatan, produk-produk itu juga mengandung pengawet yang tidak baik bagi pencernaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s