Makanan dan Minuman untuk Perut Kembung

Perut kembung adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak dicerna dengan baik. Bisa jadi kamu punya alergi makanan tertentu, atau kamu memang baru mengkonsumsi sesuatu yang buruk untuk pencernaan, misalnya mie instan, makanan yang mengandung banyak MSG, minuman bersoda, dan kadar lemak yang tinggi dalam makanan. Kombinasi makanan yang salah juga bisa menyebabkan perut kembung. Kubis, kol, brokoli adalah sayur mayur yang sehat, namun terkenal sebagai penghasil gas sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan. Zat pemanis buatan juga sangat berkontribusi dalam gangguan pencernaan. Zat pemanis buatan dapat ditemukan di minuman-minuman sachet seperti minuman sachet rasa buah dan kopi sachet an.

Perut kembung akibat makanan/minuman yang “salah” tidak langsung dirasakan, tapi biasanya tiga sampai lima jam kemudian karena proses pencernaan seporsi makanan normal memakan waktu tiga sampai empat jam. Ketika sudah melewati waktu tersebut tapi makanan belum selesai dicerna, perut kembung mulai terjadi karena sisa makanan dalam perut membusuk di usus besar dan mengeluarkan gas yang terus memenuhi perut.

Image

Selain karena penumpukan gas, perut yang sering kembung bisa jadi pertanda menipisnya dindng usus sehingga pencernaan melemah. Penipisan dinding usus biasanya dialami oleh mereka yang sering minum minuman beralkohol dan berkarbonasi. Nah, coba analisa penyebab perut kembungmu. Apakah kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan-minuman yang disebutkan di atas? O ya, sebagai tambahan, biasanya kalau makan mie instan rebus di warung-warung, perut kembung lebih parah. Karena kuah mie yang kamu makan adalah air yang dipakai merebus mie. Seharusnya air yang dibuat merebus mie dibuang dan diganti dengan air matang yang baru. Tapi pada dasarnya, mie instan adalah makanan yang telah diproses berkali-kali (dipanggang, digoreng, diawetkan) sehingga susah dicerna.

Untuk kamu yang akhir-akhir ini merasa sering mengalami perut kembung, coba konsumsi makanan-minuman berikut ini:

1. Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri aktif (masih hidup), tentu saja bakteri baik yang akan membantu usus mengurai makanan.

Yoghurt yang plain lebih baik. kalau ingin ada rasa buah, tambahkan sendiri buah asli pada yoghurt mu. Yoghurt plain bisa didapatkan di toko susu dna yoghurt yang sudah terkenal: Cimory , atau Rocells Yoghurt yang melayani pesan antar.

2. Pepaya

Pepaya memiliki enzim papain yang fungsinya mirip dengan enzim pepsin dalam perut kita. Setengah buah pepaya dapat kamu konsumsi dalam 2 hari, berarti satu buah pepaya bisa untuk 4-5 hari. Hemat, alami, dan sehat.

3. Teh Peppermint

peppermint-tea

Teh Peppermint adalah teh yang secara alami tidak berkafein dan sangat manjur untuk menenangkan perut yang mulas, kembung, bahkan diare.  Sering disebut sebagai “penyembuh segala sakit perut”, teh peppermin juga mengurangi heartburn atau rasa terbakar pada perut. Teh peppermin mengandung potassium dan vitamin B untuk memperkuat dinding usus dan lambung. Teh ini bisa kamu buat sendiri (dengan mencelupkan daun peppermin yang sudah dicuci bersih) atau dengan membeli teh celup peppermint kemasan.

One thought on “Makanan dan Minuman untuk Perut Kembung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s