Selain Sehat, Sarapan Bantu Menurunkan Berat Badan

:: Semangat sehat tanpa obat ::

Menurut , sarapan adalah waktu makan paling penting. Sarapan tidak hanya memberimu energi untuk beraktivitas, tapi juga membantu menjaga bentuk tubuh ideal dan meningkatkan performa mu di sekolah/ tempat kerja.

Manfaat Sarapan: Mengurangi Berat Badan

Banyak studi, pada anak-anak dan dewasa, menunjukkan bahwa orang yang rutin sarapan cenderung lebih ramping daripada yang sering melewatkan waktu sarapan. Mengapa? Sebuah teori menyampaikan bahwa sarapan yang sehat mengurangi rasa lapar untuk jam-jam berikutnya dan membantu kamu memilih menu makan siang dengan lebih bijaksana. Perlu digarisbawahi, sarapan dalam konteks ini adalah sarapan sehat dengan protein tinggi bukan lemak&kalori tinggi.

 

Masukkan Lean Protein Dalam Menu Sarapan

Menambahkan protein non-daging dalam menu sarapan membantumu menahan lapar sampai waktunya makan siang. Menu sarapan tradisional : telur , mungkin bisa jadi menu terbaik untuk menurunkan berat badan. Dalam studi yang dilakukan oleh Experimental Biology Meeting tahun 2007, para peneliti di Pennington Biomedical Research Center membandingkan penurunan berat badan pada sejumlah wanita yang makan dua butir telur untuk sarapan dan yang makan sepotong roti. Hasilnya adalah dua butir telur lebih efektif daripada sepotong roti.

Image

 

“Dibandingkan dengan pemakan bagel, wanita overweight yg makan dua butir telur untuk sarapan lima kali seminggu dalam program 8 Minggu Penurunan Berat Badan berkurang lingkar pinggangnya sampai 83% dan tingkat energi nya bertambah walau tidak ada perubahan signifikan terhadap kolestrol dan trigliserida dalam darah” , lapor peneliti Nikhil V. Dhurandhar, PhD.

Studi lain, tertulis dalam Journal of the American College of Nutrition, juga membahas kemampuan telur dalam menahan rasa lapar. Dhurandhar menjelaskan bahwa kedua studi ini sama-sama menyebutkan bahwa orang akan tidak merasa lapar seharian jika sarapan telur dan akan memilih makanan yg rendah kalori untuk siang dan malamnya.  Bagaimana dengan kolesterol dalam telur? Telur yang besar mengandung 75 kalori, 6 gram protein, dan 212 miligram kolesterol. Dalam penelitian yg dilakukan pada wanita-wanita obesitas yang diharuskan makan 2 butir telur untuk sarapan, hasilnya tidak ada kenaikan lipid dalam darah, berarti tidak ada kenaikan resiko penyakit jantung.

 

Sarapan Sereal dan Kontrol Berat Badan

Image

Banyak studi juga menunjukkan bahwa sarapan sereal adalah bagian dari gaya hidup yang sehat, bisa berperan penting dalam menurunkan berat badan. Studi Harvard terhadap lebih dari 17.000 pria membuktikan bahwa mereka yang makan sereal untuk sarapan, entah gandum utuh atau gandum yang sudah diproses ulang, secara konsisten memiliki berat tubuh yang kurang dari mereka yang tidak sarapan sereal.

2 thoughts on “Selain Sehat, Sarapan Bantu Menurunkan Berat Badan

  1. hai makasih udh mampir d blogku ya. salam kenal🙂
    btw aku lagi proses diet nih. ngurangin makan sama olahraga.

    mau tanya, olahraga malem, kayak lari malem gitu boleh nggak sih? manfaat sama kerugiannya apa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s