Jangan Takut sama Diare!

:: Semangat Sehat Tanpa Obat ::

Hai sahabat herbal,

Diare adalah penyakit yang sangat umum di Indonesia. Jangan merasa seperti sudah mejelang ajal hanya karena diare. Diare mudah diatasi dan jika tidak ada komplikasi seperti demam atau sesak nafas, maka bisa dikategorikan diare aspesifik yang mungkin disebabkan oleh keracunan ringan. Kita hidup dengan miliaran bakteri dan virus namun most of the days kita dalam keadaan sehat-sehat saja, karena tubuh manusia memang diciptakan baik dan sehat. Ketika kita terserang diare padahal menu yang kita santap tidak berbeda, berarti daya tahan tubuh sedang lemah.

Diare adalah reaksi tubuh terhadap ketidakcocokan senyawa kimia dalam tubuh. Diare pada umumnya disertai rasa mulas, kembung, dan gemuruh dalam perut. Tapi ada juga diare yang tidak disertai mulas dan kembung, hanya buang air beberapa kali dalam waktu yang sama. Diare jenis kedua bisa disebabkan oleh ketidakcocokan obat, misalnya badanmu nggak cocok dengan obat jenis ibuprofen. Ada obat-obatan yang efek sampingnya adalah kekacauan gerakan peristaltik usus. Walaupun merupakan penyakit ringan, diare memang mengganggu. Apakah kamu mengalami hal berikut ini:

Terbangun dengan perut yang membesar, terutama di bagian pusar ke bawah, perut bergemuruh, terasa penuh, dan mulas ??

Jika gejala nya sama, kemungkinan karena infeksi bakteri.

Kalau gejalanya adalah perut membesar terutama di bagian atas, perut berbunyi seperti pancuran air, terasa penuh dan nyeri di bagian kiri, kemungkinan kamu kena diare karena terlalu banyak zat asam di lambungmu.

Diare normal akan sembuh dalam 2-3 hari, dan diare jenis ini tidak memerlukan obat maupun dokter, kecuali disertai komplikasi. Atasi saja diare aspesifik ini dengan larutan madu! Aduk dua sendok makan madu dalam secangkir air hangat. Bisa juga ditaburi bubuk kayu manis.

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi garam, makan makanan-makanan yang lembut. Kalau beli bubur ayam, jangan pakai kuah kaldu. Sebenarnya kuah kaldu itu sangat tidak sehat. Bubur ayam yang baik kaldunya sudah dicampur pada waktu memasak, tapi karena abang-abang pada malas jadi dibikinin aja kuah kaldu yang tinggal siram. Tahan dulu keinginan makan yang asin-asin. Pisang baik untuk meredakan kembung, tapi jika sedang terserang diare sebaiknya jangan makan pisang dan pepaya, karena kedua buah itu sifatnya pencahar. Buah yang baik untuk mengatasi diare adalah Manggis. air rebusan asam jawa diaduk dengan madu juga ampuh atasi rasa kembung dan mulas akibat diare.

Asam jawa juga sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Madu selain berfungsi sebagai pemanis juga kandungan zat antibiotik dan antimikrobial nya bisa membunuh penyebab diare, jika diare disebabkan oleh mikroba.

Ada juga pijatan yang bisa dilakukan sendiri untuk meredakan kram perut, mulas, dan kembung akibat diare. Yaitu memijat perut bagian bawah dari pinggang kiri dan kanan, mengarah ke pusar. Mulailah dengan usapan-usapan ringan, kemudian tambahkan tekanan pijatan. Gunakan minyak atau lotion agar kulit tidak iritasi.

Semoga cepat sembuh!

3 thoughts on “Jangan Takut sama Diare!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s