Basmi Jerawat!

Semangat Sehat Tanpa Obat ::

Muka berjerawat memang mengesalkan. Mending kalau cuma sebiji, kalau kayak ladang buah kan nggak lucu juga. Oke, jadi sudah kita sepakati bahwa jerawat adalah musuh kita. Untuk membasmi musuh, kamu harus kenali jerawat itu.

Jerawat bukan hanya penyakit usia puber, tapi segala usia bahkan anak kecil pun bisa jerawatan. Wanita memang lebih rentan terhadap jerawat karena seringnya terjadi perubahan hormon dalam tubuhnya. Karena penyabab jerawat ini bersifat hormonal, stress punya peran yang besar dalam menimbulkan atau memperparah jerawat. Jadi, manajemen stress mu harus kuat. Jerawat juga pertanda bahwa tubuhmu kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen ini bisa disebabkan oleh aktivitas merokok. Rokok bikin muka berjerawat? Banget! Ventilasi tempat tinggal / tempat kerja yang buruk juga menyebabkan udara jadi padat dan memicu produksi sebum pada kulitmu.

Jaringan kulit kita punya sebum yang harus dikeluarkan setiap saat. Jerawat muncul saat pengeluaran sebum terhambat oleh keringat dan debu. Jangan takut berkeringat! Berkeringat itu sehat. Segera seka wajah ketika keringat membanjiri kulit muka. Berikut cara-cara menyembuhkan jerawat:

  • Mencuci Muka dengan Benar

Bagaimana cara mencuci muka yang benar? Basahi tangan sampai bersih, bukan sekedar basah. Tekan krim sabun mu dengan kedua tangan, usapkan kedua tangan ke muka. Bersihkan mukamu dengan dua jari saja, telunjuk tangan kiri dan telunjuk tangan kanan. Usap-usap wajah membentuk lingkaran kecil-kecil dengan arah berlawanan. Setiap lingkaran minimal 20 kali putaran. Lama? iya sih… tapi bersih.

 

  • Air Putih dan Nafas

Seperti sudah dibahas, jerawat juga disebabkan oleh kekurangan oksigen. Kulit ini adalah jaringan syaraf-syaraf lembut dan darah. Kalau darah mengental, jerawat mudah tumbuh. Always rehydrate yourself dengan minum air putih setiap satu jam. Walaupun nggak sampai segelas penuh, tapi air putih harus terus masuk. Kalau cairan tubuhmu oke, jerawat akan susah tumbuh. Jangan lupa tarik nafas panjang. Aktivitas ini men-supply oksigen dadakan pada tubuh dan seluruh jaringan kulit. Mudah, nggak bayar, sehat.

 

  • Konsumsi Sumber Antioksidan

Mulailah makan buah kiwi, strawberry, dan sayur brokoli. Mereka adalah sumber antioksidan yang bagus banget buat kulit. Hindari protein-protein yang susah dicerna seperti susu sapi dan daging merah. Emang ada hubungannya pencernaan dengan jerawat? Ada. Kalau ususmu bekerja terlalu keras, oksigen diserap oleh ususmu dan kulitmu jadi kurang oksigen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s