Perut Selalu Kembung Pada Malam Hari

:: Semangat Sehat Tanpa Obat::

Sebenarnya masalah perut kembung setiap malam ini sudah pernah dibahas, tapi karena banyaknya pertanyaan, dan kabar baiknya kami melakukan riset lebih lanjut, maka tulisan ini haruslah dibuat untuk kesejahteraan para sahabat sehatgembira yang menderita perut kembung setiap malam.

Image

Pada dasarnya, setiap organ punya jam-jam tertentu dimana organ itu bekerja sangat maksimal, dan ada waktu dimana organ tersebut paling lemah dan butuh istirahat. Mulai jam 8 malam sampai sekitar jam 1 pagi adalah waktu terlemah sistem pencernaan, tapi bukan berarti sistem pencernaan harus menimbulkan masalah pada malam hari. Kalau perutmu selalu bermasalah pada malam hari, kemungkinan kamu menderita IBS (Irritable Bowel Syndrome).

Diagnosa IBS ini baru bisa berlaku jika perutmu kembung setiap malam padahal kamu:

  • tidak makan makanan-makanan yg diproses (makanan beku, kalengan, mie instan, bubur instan)
  • jarang mengkonsumsi daging merah
  • cukup konsumsi serat
  • tidak mengkonsumsi terlalu banyak garam
  • tidak mengkonsumsi pemanis buatan (ada pada minuman2 instan, diet coke, dan minuman2 “zero sugar”)

Tapi kalau kamu belum lolos lima syarat diatas, jangan yakin dulu kamu IBS. Patuhi lima syarat itu. Kalau kembung perut tidak datang lagi pada malam hari, berarti penyebab kembungnya salah satu dari 5 hal itu, entah kurang serat, terlalu banyak zat aditif atau sodium.

Dari forum steadyhealth.com , essentialdayspa.com , dan caloriecount.about.com lebih dari tiga orang mengeluhkan hal yang sama: perut membesar, terasa seperti penuh udara, dan tidak nyaman saat malam hari. Mereka sudah pergi ke dokter dan dokter memberi mereka tablet untuk sait maag (ulcer) dan tidak ada perubahan. Akhirnya mereka melakukan food combining sendiri. Cara ini cukup efektif. Dengan bereksperimen dengan menu kita sehari-hari, kita bisa mengetahui kemungkinan alergi kita pada makanan tertentu. Misalkan saat kita mengganti nasi dengan kentang rebus, apakah masih kembung malam harinya? Atau jika kita mengganti teh merah dengan teh hijau, bagaimana reaksi perut malam harinya?

Image

Beberapa dari mereka mengaku kembung perut setiap malam berangsur-angsur hilang dengan mengganti konsumsi makanan berminyak dengan makanan yg direbus atau dipanggang. Semoga setelah mencoba makanan-makanan yang direbus/dipanggang, tidak ada lagi keluhan perut kembung pada malam hari. Selamat mencoba dan semangat hidup sehat tanpa obat. :)

 

konsultasi gratis via email: kirim pertanyaanmu ke lambungsehatbadankuat@gmail.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s